Menjadi Penulis Yang Tidak Penting Menjadi Penting

 

Gambar hanya ilustrasi, foto pixels.com

INVIEW.ID | Opini - "Jadilah penulis yang tidak penting menjadi penting," begitu ungkap Risman Rahman, Pendiri portal berita Rubrika.id. Ungkapan ini menggambarkan esensi dari seorang penulis yang memiliki kemampuan khusus untuk mengangkat peristiwa-peristiwa yang mungkin dianggap remeh oleh orang lain menjadi topik yang penting dan menarik. Bagi seorang penulis, insting ini merupakan suatu kekuatan yang tak ternilai harganya, karena itulah yang membedakan mereka dari yang lain.


Pandangan seorang penulis terhadap sebuah peristiwa tidak terbatas pada apa yang terlihat di permukaan. Mereka memiliki kemampuan untuk melihat lebih dalam, menggali makna tersembunyi, dan menghubungkan berbagai informasi yang mungkin tidak terlihat oleh mata awam. Inilah yang membuat peristiwa yang sebelumnya dianggap tidak penting bisa menjadi subjek yang penting untuk ditulis.


Namun, menjadi seorang penulis yang mampu membuat yang tidak penting menjadi penting tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras, latihan, dan komitmen untuk mengasah kemampuan ini. Salah satu cara untuk meramu sesuatu yang dianggap tidak penting menjadi penting adalah dengan banyak turun ke lapangan. Melibatkan diri dalam berbagai peristiwa dan pengalaman langsung memberikan wawasan yang berbeda dan mendalam.


Selain itu, membaca adalah kunci utama untuk menjadi penulis yang mampu mengubah pandangan. Melalui membaca, penulis dapat memperluas pengetahuan mereka, memahami berbagai sudut pandang, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin besar kemungkinan untuk menemukan nilai dalam peristiwa yang sebelumnya dianggap sepele.


Ketika seorang penulis berhasil meramu sesuatu yang awalnya dianggap tidak penting menjadi penting, mereka menciptakan tulisan yang memiliki dampak. Tulisan ini mungkin menginspirasi, mengedukasi, atau mengubah pandangan orang terhadap suatu topik. Inilah esensi dari menjadi seorang penulis yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mampu menciptakan perubahan.


Sebagai seorang wartawan, kemampuan ini menjadi sangat penting. Wartawan adalah pihak yang bertanggung jawab untuk menyampaikan berita kepada publik, dan kemampuan mereka untuk mengangkat berita yang mungkin dianggap sepele menjadi berita yang penting dapat memengaruhi persepsi dan pemahaman masyarakat.


Dalam dunia menulis, menjadi penulis yang mampu membuat yang tidak penting menjadi penting adalah sebuah tantangan yang membutuhkan dedikasi dan kerja keras. Namun, hal ini juga merupakan salah satu hal yang membuat dunia menulis begitu menarik dan bermakna. Seorang penulis memiliki peran yang besar dalam membentuk cara orang melihat dunia, dan melalui karya-karya mereka, mereka dapat menginspirasi dan memberikan dampak yang positif pada masyarakat. Itulah mengapa penting bagi setiap penulis untuk terus mengasah kemampuan mereka dan menjadikan insting mereka sebagai alat untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui tulisan-tulisan yang penting.[]

Lebih baru Lebih lama