Sankui, Pesta Siaga Siswa/i SDIT Arkan Cendekia Bekasi

Suasana Kegiatan Pesta Siaga di SDIT Arkan Cendekia, pada Rabu 25 Oktober 2023 (Foto: R. Munajat)


INVIEW.ID | Bekasi - Gerakan Pramuka SDIT Arkan Cendekia Bekasi menggelar Pesta Siaga yang berlangsung di komplek Arkan Islamic School pada Rabu, 25 Oktober 2023. Kegiatan ini menjadi momen yang spesial bagi para siswa dan siswi dalam mengembangkan rasa keterampilan, kegembiraan, persatuan, kebersamaan, dan kekompakan.

Acara Pesta Siaga ini dibuka secara resmi oleh Bapak Asrori Abdil Hag, M.Pd, selaku kepala Sekolah SDIT Arkan Cendekia. Beliau memberikan sambutan yang memotivasi dan mendorong semangat para peserta untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pramuka yang penuh makna ini.

Tidak hanya penuh dengan kegiatan seru, Pesta Siaga juga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang berkaitan dengan pramuka dan kekompakan. Salah satu lomba yang diadakan adalah menyusun Puzzle, dimana peserta ditantang untuk merangkai potongan puzzle secara cepat dan tepat. Lomba ini bertujuan untuk melatih kemampuan problem-solving serta kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

Keceriaan para siswa saat mengikuti pesta siaga (Foto: @amriadits)


Tak ketinggalan, lomba Estafet Bola Air juga menjadi sorotan utama dalam Pesta Siaga ini. Lomba ini menguji kecepatan, ketepatan, dan koordinasi antar peserta. Selain itu, lomba mencocokkan atribut pramuka pada baju juga digelar untuk menguji pengetahuan dan kefasihan peserta dalam mengenali dan menghubungkan atribut-atribut pramuka dengan benar.

Bapak Andre Aprinal, selaku ketua panitia pelaksana Pesta Siaga, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan dan keterampilan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah rasa gembira mereka dalam menjalani proses belajar-mengajar di lingkungan sekolah. Melalui kegiatan pramuka, siswa diharapkan dapat membangun persatuan yang erat antar anggota siaga, serta melatih kebersamaan dan kekompakan mereka dalam berbagai aktivitas.

Pesta Siaga ini juga menjadi kesempatan bagi para siswa untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, rasa tanggung jawab, dan kemandirian. Mereka diajak untuk berkolaborasi, berinteraksi, dan saling mendukung satu sama lain dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang tangguh, mandiri, dan memiliki semangat gotong royong yang tinggi.

Tema yang diangkat pada Pesta Siaga kali ini adalah "Sankui," yang merupakan singkatan dari kata Santun, kreatif, ulet, dan inovatif. Tema ini mencerminkan nilai-nilai penting yang ingin ditanamkan dalam diri setiap peserta. Kesan santun, kreatifitas, ketekunan, dan inovasi menjadi landasan bagi perkembangan karakter dan kepemimpinan di masa depan.[]









Ikuti Kami di Google News

Lebih baru Lebih lama